To Overview

Nov 17, 2021

-

ROTTERDAM, Belanda

PT IMCD Indonesia memperkuat portfolio bidang usaha life-science dengan mengakuisisi PT Megasetia Agung Kimia

IMCD NV (“IMCD” atau “Perusahaan”), distributor terdepan untuk specialty chemicals dan bahan baku, hari ini mengumumkan bahwa IMCD Indonesia telah menandatangani perjanjian kesepakatan untuk mengakuisisi 100% saham PT Megasetia Agung Kimia (“Megasetia”) di Indonesia. Megasetia merupakan partner yang tepat dengan strategi life science IMCD dan menyediakan platform yang signifikan untuk pertumbuhan lebih lanjut di pasar life science di Indonesia.

United Kingdom

 

Dalam foto tersebut, Adelia Sia, Managing Director of IMCD Indonesia (kiri) dan Suryani Hartoyo, Presiden Direktur Megasetia (kanan)

 

Transaksi akan berlangsung dalam dua tahap, tahap pertama dimulai dengan IMCD mengakuisisi 70% modal saham Megasetia dan sisanya 30% pada tahun 2025. Manajemen Megasetia akan terus memimpin perusahaan setelah penyelesaian tahap pertama. 

Didirikan pada tahun 1995, Megasetia adalah distributor terdepan specialty chemicals untuk industri farmasi di Indonesia. Selain itu, bisnis Megasetia melayani pelanggan dalam bidang usaha personal care, home care, animal health dan industrial, menawarkan solusi menyeluruh kepada pelanggan dan mitranya dengan 3 laboratorium, 6 kantor, dan 6 gudang di seluruh Indonesia. Megasetia menghasilkan pendapatan sekitar Rp 974 miliar (ca. EUR 60 juta) pada tahun 2020 dengan sekitar 160 karyawan. Saat ini melayani lebih dari 1.000 pelanggan dan mewakili lebih dari 50 produsen bahan baku terkemuka dunia.  
 
“Indonesia adalah ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan akuisisi ini memberikan peluang untuk mengembangkan dan memperkuat posisi IMCD di pasar life science. Selain itu, akuisisi ini memungkinkan kami untuk memperluas pelayanan kami kepada pelanggan dan mitra usaha,” kata Haiko Zuidhoff, Wakil Presiden IMCD APAC. 

“Kami senang menjadi bagian dari jaringan global IMCD. Kami yakin portofolio life science kami akan memperluas pelayanan kami kepada pelanggan dan pemasok,” komentar Suryani Hartoyo, Presiden Direktur Megasetia. “Budaya perusahaan kami untuk berkembang melalui pengetahuan pasar, inovasi, dan kualitas layanan yang baik, sangat selaras dengan strategi IMCD,” tutup Hartoyo. 

Transaksi ini diharapkan selesai pada bulan Desember 2021. 

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi tim Hubungan Media kami